Rabu, 19 Desember 2012

CONTOH RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.    Identitas               
Sekolah                             : MAN Fastabiqul Khairat Yogyakarta
Mata Pelajaran                  : Fiqh
Kelas / Semester                : X / II
Materi Pokok                    : Zakat Hasil Pertanian
Standar Kompetensi         : Siswa mampu memahami zakat mal
Alokasi waktu                   : 2 x 45 menit

B.     Kompetensi Dasar
Siswa mampu menjelaskan zakat hasil pertanian
C.     Indikator
  1. Siswa mampu mengartikan pengertian zakat hasil pertanian
  2. Siswa mampu menyebutkan ketentuan zakat hasil pertanian
  3. Siswa mampu menghitung zakat hasil pertanian
D.    Tujuan
Dengan metode dan strategi yang digunakan diharap mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan memberi kemudahan bagi siswa dalam mengartikan,  menyebutkan ketentuan dan menghitung zakat hasil pertanian.
E.     Materi
Zakat Hasil Pertanian (Terlampir)
F.      Nilai Karakter
  1. Religius
  2. Kerjasama
  3. Disiplin
  4. Tanggungjawab

G.    Strategi dan metode
1. Bagian awal                        : Metode Ceramah, Strategi True Or False
2. Bagian Inti              : Quiz Team
3. Bagian akhir            : Topical Review

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
Awal


























Inti






















Akhir
1.   Guru memberi salam pembuka
2.   Guru memimpin doa
3.   Guru mengabsen dan menanyakan kehadiran siswa
4.   Guru melakukan apersepsi dan memberitahukan tujuan pembelajaran
5.   Guru memberikan penjelasan mengenai zakat hasil pertanian
6.   Guru memastikan bahwa semua siswa telah memahami materi tersebut dengan mempersilakan siswa yang kurang paham untuk bertanya.
7.   Guru membagikan masing-masing kepada anak 2 lembar kertas yang bertuliskan B (benar) dan S (salah).
8.   Guru memberikan pertanyaan mengenai materi yang dijelaskan tadi.
9.   Guru menginstruksikan kepada siswa untuk membentuk 2 team
10.              Guru menunjuk salah satu murid dari masing-masing team untuk mewakili team nya.
11.              Guru memberikan soal pada masing-masing perwakilan tadi dan menyuruh mengerjakan secara cepat (bersaing mengerjakannya/cepat-cepatan waktunya)
12.              Guru menunjuk salah seorang murid lagi yang berbeda secara bergantian seterusnya hingga dirasa cukup.
13.     Guru mengumumkan kelompok yang menang dan memberikan apresiasi.
14.     Guru menyuruh siswa kembali ketempat duduk masing masing
15.     Guru menyimpulkan topik materi yang telah disampaikan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
16.     Guru memimpin doa dan menutup
17.     Guru memberi salam penutup
Siswa menjawab salam

Siswa berdoa
Siswa memberi informasi tentang kehadiran teman-teman dan keadaannya.
Siswa merespon


Siswa mendengarkan guru


Siswa merespon pertanyaan guru/ bertanya kepada guru mengenai hal yang kurang jelas


Siswa menerima kertas tersebut



Siswa menjawab pertanyaan guru dengan menggunakan kertas B/S yang telah dibagikan tadi.
Siswa membentuk 2 team


Siswa menerima instruksi guru


Siswa mengerjakan






Siswa menerima instruksi guru



Siswa memperhatikan apresiasi guru


Siswa kembali ketempat duduk masing masing

Siswa mendengarkan dan menanyakan yang belum jelas



Siswa berdoa

Siswa menjawab salam
25 menit


























40 menit






















25 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar