RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
A. Identitas
Sekolah :
MAN Fastabiqul Khairat Yogyakarta
Mata Pelajaran :
Fiqh
Kelas / Semester :
X / II
Materi Pokok :
Zakat Hasil Pertanian
Standar Kompetensi :
Siswa mampu memahami zakat mal
Alokasi waktu :
2 x 45 menit
B. Kompetensi Dasar
Siswa mampu menjelaskan zakat hasil
pertanian
C. Indikator
- Siswa mampu mengartikan pengertian zakat hasil pertanian
- Siswa mampu menyebutkan ketentuan zakat hasil pertanian
- Siswa mampu menghitung zakat hasil pertanian
D. Tujuan
Dengan metode dan strategi yang
digunakan diharap mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan memberi
kemudahan bagi siswa dalam mengartikan, menyebutkan
ketentuan dan menghitung zakat hasil pertanian.
E. Materi
Zakat Hasil Pertanian (Terlampir)
F. Nilai Karakter
- Religius
- Kerjasama
- Disiplin
- Tanggungjawab
G.
Strategi dan
metode
1. Bagian awal : Metode Ceramah, Strategi True Or False
2. Bagian Inti : Quiz Team
3. Bagian akhir : Topical Review
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Awal
Inti
Akhir
|
1. Guru memberi salam pembuka
2. Guru memimpin doa
3. Guru mengabsen dan menanyakan kehadiran siswa
4. Guru melakukan apersepsi dan memberitahukan
tujuan pembelajaran
5. Guru memberikan penjelasan mengenai zakat hasil
pertanian
6. Guru memastikan bahwa semua siswa telah memahami
materi tersebut dengan mempersilakan siswa yang kurang paham untuk bertanya.
7. Guru membagikan masing-masing kepada anak 2
lembar kertas yang bertuliskan B (benar) dan S (salah).
8. Guru memberikan pertanyaan mengenai materi yang
dijelaskan tadi.
9. Guru menginstruksikan kepada siswa untuk membentuk
2 team
10.
Guru
menunjuk salah satu murid dari masing-masing team untuk mewakili team nya.
11.
Guru memberikan
soal pada masing-masing perwakilan tadi dan menyuruh mengerjakan secara cepat
(bersaing mengerjakannya/cepat-cepatan waktunya)
12.
Guru menunjuk
salah seorang murid lagi yang berbeda secara bergantian seterusnya hingga
dirasa cukup.
13. Guru mengumumkan kelompok yang menang dan
memberikan apresiasi.
14. Guru menyuruh siswa kembali ketempat duduk
masing masing
15. Guru menyimpulkan topik materi yang telah
disampaikan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
16. Guru memimpin doa dan menutup
17. Guru memberi salam penutup
|
Siswa menjawab salam
Siswa berdoa
Siswa memberi informasi tentang kehadiran
teman-teman dan keadaannya.
Siswa merespon
Siswa mendengarkan guru
Siswa merespon pertanyaan guru/ bertanya kepada
guru mengenai hal yang kurang jelas
Siswa menerima kertas tersebut
Siswa menjawab pertanyaan guru dengan
menggunakan kertas B/S yang telah dibagikan tadi.
Siswa membentuk 2 team
Siswa menerima instruksi guru
Siswa mengerjakan
Siswa menerima instruksi guru
Siswa memperhatikan apresiasi guru
Siswa kembali ketempat duduk masing masing
Siswa mendengarkan dan menanyakan yang belum
jelas
Siswa berdoa
Siswa menjawab salam
|
25 menit
40 menit
25 menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar