Selasa, 08 Januari 2013

hasil diskusi lab.agama



Hasil diskusi makalah tentang Media Pembelajaran Laboratorium Agama

A. Pertanyaan

1. Kalau laboratorium agama di UIN itu dekat dengan kantin, nah belajar disitu efektif apa tidak?

2. Yang efektif belajar di lab. agama itu dimana?

3. Apa lab. agama itu nama lainnya masjid? Kalau iya apa bagus masjid dibuat seperti itu?

4. Bagaimana merancang laboratorium agama untuk mata pelajaran Fiqih/ushul fiqih/ski?

5. Bagaimana mengoptimalkan lab. agama?

B. Jawaban

1. Menurut pemakalh itu tidak efektif belajar di kantin di bawah lab. agama tersebut, tidak bisa konsentrasi

2. Di semuanya efektif, di perpustakaannya juga lebih efektif lagi.

3. Di masjid itu terdapat laboratorium agamanya. Efektif kalau seperti itu, karena dapat membiasakan anak sekaligus untuk sering ke masjid.

4. Tata cara sholat, praktek sholat jenazah, tata cara wudhu. Jadi ya sesuai dengan mata pelajaran fiqh/ushul fiqh. Kalau untuk sejarah dapat sharing tentang sejarah nabi, dll.

5. Dengan menambah sarana dan prasarana, menambah perpustakaan kecil, menambah ruang khusus diskusi.

C. Kesimpulan

Laboratorium yang mungkin bisa ada sendiri, atau mungkin ada didalam masjid tersebut keduanya sangat bermanfaat. Dan efektif juga kalau berada di masjid karena bisa membiasakan anak untuk sering kemasjid. Untuk pembelajaran yang menyangkut fiqh bisa digunakan untuk materi tata cara sholat, praktek sholat jenazah, tata cara wudhu. Kalau untuk sejarah dapat sharing tentang sejarah nabi, dll.

Dengan menambah sarana dan prasarana, menambah perpustakaan kecil, menambah ruang khusus diskusi dapat menambah mengoptimalkan laboratorium agama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar