Selasa, 08 Januari 2013

hasil diskusi tentang pemanfaatan lingkungan

Hasil diskusi makalah tentang Media Pembelajaran Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar

A. Pertanyaan

1. Bagaimana contoh memanfaatkan alam pada pembelajaran agama islam?

2. Apakah ada kendala dalam pembelajaran agama dalam menggunakan media pembelajaran lingkungan?

3. Bagaimana solusi dari kendala no. 2 tersebut?



B. Jawaban

1. Mungkin dengan cara kita selalu menghargai alam, misalnya menjaga kebersihan alam itu sebenarnya sudah menunujukkan sikap terpuji yang diajarkan dalam agama islam. Kemudian memanfaatkan tumbuhan untyk kebutuhan hidup, misal didalam agama islam dianjurkan untuk menjaga kebersihan, kemudian seorang guru PAI memanfaatkan lingkungan misalkan mengambil bengkuang untuk membersihkan wajah, yang alami dari pada zat kimia. Sehingga kebersihan wajah tetap dijaga, tapi tidak menyalahi ajaran islam.

Kalau untuk memanfaatkan lingkungan alam, pembelajaran pai mungkin bisa dilakukan ditaman, mengenalkan para peserta didik dengan lingkungan alam yang harus dilindungi, dijaga dan dirawat, agar alam tetap lestari.

2. Mungkin tidak semua materi agama yang akan diajarkan harus menggunakan media lingkungan alam. Kalau sesuai materi ya sekali-kali tidak apa-apa. Media pembelajaran di lingkungan alam akan memberikan warna tersendiri agar murid tidak bosan, namun juga kurang begitu efektif apabila terus digunakan, soalnya kadang mengganggu konsentrasi.

3. Solusi ya disesuaikan dengan materi aja, paling tidak sesekali aja menggunakan media lingkungan alam.









C. Kesimpulan

Tidak semua materi pendidikan agama islam yang akan diajarkan harus memanfaatkan media lingkungan alam. Disesuaikan dengan materi, sesekali-kali tidak apa-apa. Media pembelajaran di lingkungan alam akan memberikan warna tersendiri agar murid tidak bosan, namun juga kurang begitu efektif apabila terus digunakan, soalnya kadang mengganggu konsentrasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar