Selasa, 08 Januari 2013

Ringkasan diskusi e-lerning



Ringkasan:
            E-learning : Elektronik Learning. Usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet.
            Kelebihan e-learning secara umum adalah guru dan siswa dapat berkomunikasi secara mudah, siswa dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dan di mana saja, tambahan informasi akses di internet. Guru dan siswa dapat melakukan diskusi melalui internet yang dapat diikuti dengan jumlah peserta yang banyak, sehingga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas. Berubahnya peran siswa dari biasanya pasif menjadi aktif. Memperoleh informasi mutakhir, kemampuan berhubungan dengan sumber-sumber di seluruh dunia, kesempatan mempelajari sumber-sumber mutakhir terbuka.
            Beberapa kelemahan e-learning, kurangnya interaksi antara guru dan siswa, materi tidak sesuai dengan umur pembelajar, pemanfaatan hak cipta untuk tugas-tugas akhir sekolah, perawatan, pengaksesan, kurangnya pengontrolan kualitas, dan kurangnya penguasaan bahasa komputer. Jadi dalam pembelajaran e-learning siswa didampingi oleh orang dewasa.
Pertanyaan termin I:
1.      Eman Roheman (10411004)
Bagaimana teknik evaluasi pembelajaran e-learning?
Jawab: secara online, waktu terbatas dan tidak mungkin bisa saling mencontek.
2.      Imalia Yoni Prihatini (10411019)
Bagaimana cara meminimalisir kelemahan e-learning?
Jawab: semua komponen harus siap, disesuaikan untuk media e-learning tersebut contohnya kurikulum, usahakan media dapat dijangkau oleh siswa. Serta adakan forum diskusi online.
3.      Diyah Ayu Wulandari (10411038)
Bagaimana cara menginovasi e-learning diarahkan kepada ranah afektif?
Jawab: melalui diskusi online, learning bu doing dan incidental learning.
Pertanyaa termin II
1.      Satria Karimul Qolbi (10411023)
Sekolah mana yang sudah menerapkan media e-learning dalam pembelajarannya?
Jawab: di jogja sudah banyak contohnya SMA di Bantul dst
2.      Tita Prawesti (10411034)
Apa saja karakter yang tumbuh dari pembelajaran berbasis e-learning?
Jawab:
a.       Disiplin: mengerjakan evaluasi tepat waktu
b.      Tanggung jawab
c.       Kemandirian, siswa bisa belajar mandiri
d.      Kesabaran
3.      Tri Mardiana Cahyani (10411008)
Menurut pemakalah jenjang sekolah apa yang cocok diterapkan e-learning?
Jawab: SMP dan SMA tetapi peran guru juga harus ada untuk mendampingi siswa. Untuk mahasiswa juga sudah cukup cocok.
4.      Nur Ahmad Assidiq Mubarok (10411012)
Bagaimana solusi untuk mengatasi kecenderungan mengabaikan aspek akademik/sosial?
Jawab: Dengan diberi tugas kelompok agar siswa masih bisa berinteraksi sosial dengan teman-temannya, serta masih dilakukannya tatap muka dalam pembelajaran.
5.      Suprapti Wulaningsih (10411043)
Apakah media e-learning ini sudah efektif jika diterapkan dalam pembelajaran di sekolah?
Jawab: efektif tetapi masih ada kendala misalnya dari segi administrasi dan sumber daya.
6.      Diah Arum Ratnawati (10411017)
1.      Coba jelaskan pernyataan dalam makalah bahwa ”e-learning mengubah siswa dari pasif ke aktif”?
2.      “Kurikulum bersifat holistik dan pengetahuan diintegrasikan dengan informasi saat ini”, maksudnya apa?
Jawab:
1.      Siswa mencari informasi termasuk bagian dari pembelajaran aktif
Misalnya studi kasus dan isu aktual berarti pengetahuan dapat dicari lebih luas, siswa  tidak hanya menerima dari guru, teapi secara aktif dan mandiri mencari informasi yang ingin dia ketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar