Selasa, 08 Januari 2013

LKS



LKS Aqidah Akhlak
Iman Kepada Qadha’ dan Qadar
Untuk kelas XII semester genap
Madrasah ‘Aliyah
A.      Standar Kompetensi
1.1   Meningkatkan keimanan kepada Qadha’ dan Qadar
B.       Kompetensi Dasar
1.1  Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada Qadha’ dan Qadar
1.2  Menerapkan hikmah beriman kepada Qadha’ dan Qadar
C.      Indikator
1.1  Menjelaskan pengertian iman kepada Qadha’ dan Qadar
1.2  Membaca dalil naqli mengenai iman kepada Qadha’ dan Qadar
1.3  Melaksanakan hikmah iman kepada Qadha’dan Qadar terutama menjauhkan diri dari sifat sombong dan putus asa
D.      Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Iman Kepada Qadha’ dan Qadar
Qadha’ adalah perkara yang Allah tetapkan pada makhluk-Nya dalam bentuk penciptaan, peniadaan atau perubahan sejak zaman azali. (ditetapkan dalam lauhul mahfudz, sebelum terciptanya langit dan bumi). Contohnya penciptaan manusia (Fathir ayat 11).
Qadar (takdir) adalah perkara yang Allah tetapkan sesuai ukuran atau kadar tertentu pada waktu terjadinya. Takdir dibedakan menjadi dua;
a.       Taqdir Mubram, yaitu ketentuan Allah swt yang pasti terjadi dan tidak dapat diubah oleh manusia. Contohnya seperti jenis kelamin seseorang, sudah ditentukan oleh Allah dan tidak dapat diubah lagi.
b.      Taqdir Mu’allaq, yaitu taqdir yang di dalamnya terlibat usaha manusia. Misalnya seorang murid SMA bernama Adam, sudah beberapa semester ini nilainya selalu kurang, dan setelah orang tuanya menasehatinya agar belajar lebih giat maka Adam pun berusaha untuk memperbaiki nilainya dengan belajar keras, dan ternyata pada semester berikutnya ia pun mendapat nilai yang memuaskan.
Sebagai seorang yang beriman, menjadi sempurna imannya tatkala beriman pula kepada takdir yang telah Allah tentukan dan tetap berusaha menjadi makhluk-Nya yang paling beriman. Dengan cara menyempurnakan keimanan dengan mengimani keenam rukun iman tersebut, agar senantiasa dicintai Allah dan Rasul-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar